1. Definisi

  1. "Website Dekoruma" adalah situs web www.dekoruma.com yang merupakan suatu marketplace untuk mempertemukan penjual dan pembeli Barang dan/atau Jasa (sebagaimana didefinisikan di bawah ini). 

  2. "Dekoruma" adalah badan hukum pengelola Website Dekoruma dan berperan sebagai perwakilan dari pihak-pihak yang menjual Barang dan/atau Jasa yang merupakan pelaksana Proyek (sebagaimana didefinisikan di bawah ini).

  3. "Klien" adalah pihak perorangan atau badan usaha yang mendaftar melalui Website Dekoruma, yang bermaksud untuk membeli Barang dan/atau Jasa yang dijual melalui Website Dekoruma untuk suatu Proyek.

  4. "Mitra" adalah satu, beberapa atau keseluruhan pihak yang menjual Barang dan/atau Jasa kepada Klien melalui Website Dekoruma yang terikat berdasarkan sistem kemitraan dengan Dekoruma. 

  5. "Desainer" adalah Mitra yang menyediakan jasa desain kepada Klien melalui Website Dekoruma.

  6. "Barang" adalah barang yang dibeli oleh Klien yang terdiri dari barang yang proses desain dan pembuatannya disesuaikan dengan permintaan Klien (barang custom/custom item) dan/atau barang yang dibeli dalam keadaan siap pakai dan tidak dapat dimodifikasi sesuai permintaan Klien (barang langsung beli/loose item).

  7. "Jasa" adalah jasa yang disediakan oleh Mitra, termasuk Desainer, kepada Klien yang terdiri dari jasa desain, produksi dan instalasi. 

  8. "Proyek" adalah keseluruhan ruang lingkup pekerjaan pengadaan Barang dan/atau Jasa oleh Mitra untuk Klien yang dijabarkan pada BoQ dan VO (masing-masing sebagaimana didefinisikan di bawah ini), pada lokasi yang telah didaftarkan Klien melalui Website Dekoruma dan desainnya dibuat oleh Desainer.

  9. "BAST" adalah berita acara serah terima atas Proyek.

  10. "BoQ" atau Bill of Quantity adalah dokumen elektronik berisi rincian Barang dan/atau Jasa beserta harganya yang akan disediakan oleh Mitra kepada Klien.

  11. "VO" atau Variation Order adalah bagian dari BoQ yang merupakan penambahan atau pengurangan nilai karena adanya penyesuaian Barang dan/atau Jasa yang dilakukan ketika Proyek sudah berjalan dan tetap dapat selesai mengikuti estimasi pengerjaan yang sedang berlangsung. 

  12. "Hari Kerja" adalah seluruh hari selain hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional dan hari cuti bersama yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia, dan/atau hari lain yang telah diinformasikan Dekoruma kepada Klien.

  13. "PKS Dekoruma dan Klien" adalah perjanjian kerja sama yang dibuat dan ditandatangani oleh dan antara Dekoruma dan Klien sehubungan dengan Proyek.



2. Pendaftaran Proyek

  1. Klien wajib memberikan informasi yang sebenar-benarnya kepada Dekoruma pada saat melakukan pendaftaran.

  2. Dekoruma berhak melakukan verifikasi atas informasi yang diberikan Klien dan berhak melakukan pembatalan proyek secara sepihak apabila informasi yang diberikan tidak tepat.

  3. Klien wajib mengizinkan Dekoruma, Mitra dan/atau pihak lain yang ditunjuk oleh Dekoruma untuk mengunjungi dan melakukan pengukuran di lokasi Proyek sesuai waktu yang telah disepakati.

  4. Klien wajib melakukan pembayaran booking fee untuk memperoleh desain atas  keseluruhan Proyek sesuai dengan tarif yang berlaku saat pembayaran booking fee tersebut dilakukan.



3. Tahap Desain

  1. Klien yang telah melakukan pembayaran booking fee sebagaimana disebutkan dalam butir 2d Syarat dan Ketentuan ini berhak mendapatkan desain atas keseluruhan Proyek beserta BoQ untuk desain yang diajukan, selambat-lambatnya 15 (lima belas) Hari Kerja sejak tanggal yang lebih akhir antara:

    1. Pembayaran booking fee diterima Dekoruma.

    2. Tanggal Klien menyampaikan permintaan desain kepada Desainer.

    3. Tanggal terakhir Desainer melakukan kunjungan (site visit) ke lokasi Proyek apabila booking fee dilakukan di Dekoruma Experience Centre.

  2. Klien dapat mengajukan pembaharuan desain sebanyak-banyaknya 3 (tiga) kali, tidak terhitung revisi yang dilakukan karena kesalahan dan/atau ketidaksesuaian hasil desain dengan permintaan Klien.

  3. Untuk setiap pembaharuan desain yang diajukan oleh Klien sebagaimana dimaksud dalam butir 3b di atas, Klien berhak mendapatkan hasil desain beserta BoQ selambat-lambatnya 10 (sepuluh) Hari Kerja sejak permintaan diajukan kepada Desainer.

  4. Dekoruma berhak meminta biaya tambahan untuk pembaharuan desain sebagaimana disebutkan dalam butir 3b di atas, sebesar Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) per revisi atas pembaharuan desain setelah sebelumnya sudah melewati 3 (tiga) kali revisi .

  5. Apabila dalam revisi atas pembaharuan desain yang diajukan menyebabkan jumlah harga Barang dan Jasa Proyek menjadi lebih kecil dari Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah), maka nilai Proyek yang dihitung adalah sebesar Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah).

  6. Dekoruma akan menerbitkan tagihan kepada Klien setelah proses desain selesai dilakukan, dan Klien wajib melakukan pembayaran down payment sebesar 50% (lima puluh persen) dari nilai keseluruhan BoQ yang disepakati dalam waktu 5 (lima) Hari Kerja sejak tagihan tersebut diberikan oleh Dekoruma kepada Klien. 

  7. Apabila dalam waktu 5 (lima) Hari Kerja Klien belum melunasi tagihan sebagaimana dimaksud dalam butir 3f di atas, maka Dekoruma berhak melakukan pembatalan Proyek apabila Klien belum melakukan pembayaran down payment ataupun memberikan konfirmasi mengenai kelanjutan Proyek dalam waktu 60 (enam puluh) hari kalender sejak booking fee,

  8. Apabila terdapat keterlambatan dalam proses desain, Dekoruma wajib menginformasikannya terlebih dahulu kepada Klien.




4. Tahap Pra-produksi dan Produksi

  1. Untuk memulai tahap pra-produksi, Klien wajib melakukan seluruh hal berikut:

    1. Menyetujui BoQ dari Website Dekoruma;

    2. Perjanjian ini mulai berlaku pada saat Klien memberikan persetujuannya secara elektronik dalam Website Dekoruma dan Melakukan pembayaran down payment sebesar 50% (lima puluh persen) dari nilai keseluruhan BoQ yang disepakati sebagaimana dimaksud dalam butir 3f Syarat dan Ketentuan ini.

    3. memasukan KTP sebagai approval Gambar Kerja dan BOQ

  2. Klien wajib memberikan akses atau fasilitas kepada Dekoruma, Mitra dan/atau pihak yang ditunjuk oleh Dekoruma untuk melakukan pengukuran dan pekerjaan pada lokasi Proyek sesuai jadwal yang disepakati, menyiapkan lokasi Proyek agar layak untuk pelaksanaan Proyek, termasuk namun tidak terbatas mengurus semua perizinan yang diperlukan serta menanggung dan membayar biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan perizinan tersebut serta biaya lainnya sehubungan dengan pelaksanaan Proyek sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku pada lokasi Proyek ataupun dari building/cluster management.

  3. Dekoruma dan/atau Mitra akan melakukan pengukuran lapangan selambat-lambatnya 5 (lima) Hari Kerja dari tanggal Klien memenuhi seluruh kewajiban sebagaimana disebutkan dalam butir 4a di atas.

  4. Jangka waktu standar pelaksanaan Proyek oleh Mitra adalah 45 (empat puluh lima) Hari Kerja atau sesuai jangka waktu yang disepakati ketika tahap perencanaan Proyek, dimulai sejak berlakunya PKS Dekoruma dan Klien, serta Klien telah melakukan pembayaran down payment sebagaimana dimaksud dalam butir 3f Syarat dan Ketentuan ini. 

  5. Ketentuan dalam butir 4d di atas tidak berlaku apabila keterlambatan waktu pelaksanaan Proyek terjadi karena Klien tidak memenuhi kewajibannya.

  6. Apabila pada pelaksanaan Proyek terdapat situasi yang mengharuskan adanya perubahan sebagian terhadap Barang dan/atau Jasa atau seluruh Proyek pada tahap pra-produksi atau produksi, maka Dekoruma dapat mengajukan perubahan kepada Klien dengan disertai informasi mengenai perubahan nilai dan jadwal pelaksanaan Proyek. Klien dapat menyetujui, mengajukan perubahan, atau melakukan pengurangan hanya terhadap Barang dan/atau Jasa yang terkait dengan pengajuan Dekoruma tersebut.

  7. Klien tidak dapat mengajukan pengurangan terhadap Proyek secara sepihak selain sebagaimana diatur dalam butir 4f di atas.

  8. Segala perubahan terhadap Proyek yang muncul setelah ditandatanganinya BoQ harus dimuat dalam VO, yang harus disetujui bersama oleh Klien dan Dekoruma.

  9. Apabila terdapat keterlambatan pelaksanaan Proyek karena adanya perubahan sebagaimana dimaksud dalam butir 4f di atas, maka Dekoruma dan/atau Mitra wajib memberitahukan kepada Klien.

5. Instalasi dan Garansi

  1. Klien wajib melakukan pembayaran pelunasan dalam waktu 5 (lima) Hari Kerja sejak tagihan diberikan oleh Dekoruma kepada Klien dan sebelum Mitra melakukan instalasi. Dekoruma akan menerbitkan tagihan tersebut setelah proses produksi mencapai 80% (delapan puluh persen) selesai.

  2. Besarnya pelunasan sebagaimana dimaksud dalam butir 5a di atas adalah 100% (seratus persen) dari nilai keseluruhan BoQ termasuk VO yang telah disepakati pada saat penagihan (apabila ada) dikurangi jumlah down payment dan booking fee.

  3. Jika dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender Klien belum melunasi tagihan tersebut, maka Klien akan dikenakan biaya Holding Cost

  4. VO yang terjadi setelah pelunasan 100% (seratus persen) dari nilai keseluruhan BoQ atau pada saat instalasi, akan memotong saldo booking fee yang telah dibayarkan oleh Klien.

  5. Dekoruma wajib memastikan bahwa barang yang diserahkan mengikuti standar mutu yang wajar.

  6. Klien bertanggung jawab terhadap semua barang pribadi milik Klien. Segala bentuk kehilangan dan/atau kerusakan atas barang pribadi milik Klien, selain yang berhubungan dengan proses instalasi di lokasi Proyek, bukan merupakan tanggung jawab Dekoruma dan Mitra. 

  7. Dekoruma dan Mitra akan bertanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh Klien atas kerusakan barang pribadi milik Klien sebagai akibat dari kelalaian pada saat proses instalasi dengan ketentuan sebagai berikut:

    1. Barang pribadi milik Klien yang rusak tersebut akan diperbaiki oleh Dekoruma dan Mitra.

    2. Dalam hal perbaikan sebagaimana dimaksud dalam butir i di atas tidak dapat dilakukan oleh Dekoruma dan Mitra sesuai dengan kemampuannya, maka barang pribadi milik Klien yang rusak tersebut akan diganti dengan barang lain dengan nilai yang sewajarnya atau berdasarkan kesepakatan bersama antara Klien, Dekoruma dan Mitra.

  8. Pelaksanaan Proyek dinyatakan telah selesai apabila Barang dan/atau Jasa yang tercantum dalam BoQ telah diserahkan kepada Klien dan dituangkan dalam BAST yang telah ditandatangani oleh Dekoruma dan Klien.

  9. Dekoruma akan memberikan garansi pemeliharaan dan garansi hardware kepada Klien berdasarkan ketentuan sebagai berikut: 


Nama Garansi

Masa Garansi

Ketentuan Garansi

Garansi Pemeliharaan

30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal BAST ditandatangani oleh Dekoruma dan Klien.

https://www.dekoruma.com/artikel/90850/aturan-garansi-proyek-interior-design-and-build-dekoruma

Garansi Hardware

2 (dua) tahun (730 (tujuh ratus tiga puluh) hari kalender) sejak tanggal BAST ditandatangani oleh Dekoruma dan Klien.


6. Pembayaran dan Pembatalan Proyek

  1. Segala pembayaran yang terkait dengan Proyek hanya dapat dilakukan melalui Dekoruma dan/atau penyedia jasa keuangan yang telah bermitra dengan Dekoruma, sesuai dengan metode yang ditentukan oleh Dekoruma dari waktu ke waktu atau dengan metode pembayaran lainnya yang disepakati sebelumnya oleh Dekoruma dan Klien khusus untuk pembayaran VO. Klien tidak diperbolehkan melakukan pembayaran secara langsung kepada Mitra.

  2. Dekoruma tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang terjadi apabila Klien tidak mengikuti petunjuk yang diberikan, baik secara sengaja ataupun tidak.

  3. Dalam hal Proyek dibatalkan, Booking Fee yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan, kecuali bila ditemukan pelanggaran dari pihak Dekoruma, Desainer, dan atau Mitra.

  4. Jika dalam kurun waktu 60 (enam puluh) hari kalender tidak ada konfimasi kelanjutan proyek dari customer, Booking Fee akan hangus dan tidak dapat dikembalikan. (Apabila tidak ada permintaan penundaan waktu      pelaksanaan Proyek, yaitu maksimal selama 60 (enam puluh) hari kalender.)

7. Keadaan Kahar

  1. Keadaan kahar atau keadaan memaksa adalah suatu peristiwa atau keadaan yang terjadi di luar kehendak dan kekuasaan Dekoruma dan Klien yang dapat mempengaruhi pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini dan mengakibatkan masing-masing pihak tersebut tidak dapat memenuhi sebagian atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini yang termasuk namun tidak terbatas pada peristiwa gempa bumi, angin ribut, badai, banjir, wabah seperti epidemi dan/atau pandemi, kebakaran, demonstrasi, peperangan, invasi bersenjata (armed invasion), revolusi, reaksi yang tidak dapat dipastikan, blokade, pemberontakan, serangan, pemogokan, perubahan peraturan perundang-undangan atau kebijakan Pemerintah Republik Indonesia (selanjutnya disebut sebagai "Keadaan Kahar").
  2. Dalam hal terjadi Keadaan Kahar, maka pihak yang mengalami Keadaan Kahar wajib memberikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya selambat-lambatnya 5 (lima) Hari Kerja sejak terjadinya Keadaan Kahar tersebut. Apabila pihak yang mengalami Keadaan Kahar tidak atau terlambat memberikan pemberitahuan kepada pihak lainnya sebagaimana dimaksud dalam butir ini, maka Keadaan Kahar tersebut dianggap tidak pernah terjadi.     
  3. Segala permasalahan yang timbul akibat terjadinya Keadaan Kahar akan diselesaikan oleh Dekoruma dan Klien secara musyawarah untuk mufakat.

8. Hak Kekayaan Intelektual dan Kerahasiaan Informasi

  1. Hak atas Kekayaan Intelektual berupa hasil desain sehubungan dengan Proyek adalah milik Dekoruma sampai dengan BAST ditandatangani oleh Dekoruma dan Klien.

  2. Dekoruma, Mitra, dan/atau semua pihak yang ditunjuk oleh Dekoruma wajib menjaga kerahasiaan informasi yang diberikan oleh Klien, dan tidak diperkenankan untuk memberikan informasi tersebut kepada pihak lain yang tidak berkaitan dengan Proyek.

  3. Dekoruma, dan/atau Mitra, atas persetujuan Klien, berhak untuk mempublikasikan hasil Proyek untuk kepentingan pemasaran.

9. Lain-Lain

  1. Syarat dan Ketentuan ini, termasuk dokumen dan lampiran yang lahir atas dasar pelaksanaan PKS Dekoruma dan Klien sehubungan dengan Proyek merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari PKS Dekoruma dan Klien. 

  2. Dekoruma berhak melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu, dan Klien dengan ini menyatakan bersedia untuk tunduk pada perubahan tersebut setelah mendapatkan pemberitahuan yang wajar dari Dekoruma.

  3. Setiap perselisihan yang terjadi antara Dekoruma dan Klien yang timbul sebagai akibat dari pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan melalui musyawarah untuk mufakat. Apabila penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan di Kantor Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

  4. Dalam hal perselisihan terjadi antara Klien dan Mitra, maka Dekoruma bertindak sebagai penengah dalam perselisihan tersebut dan berhak memberikan keputusan akhir.